12 November 2008

Ujian, JIHAD juga Lho..

Ngomong-ngomong soal jihad, jadi inget kemarin eksekusi mati 3 tersangka bom Bali, Amrozi cs. Semangat jihad mereka yang berkobar-kobar jadi pro dan kontra. Bagi mereka jihad adalah perang. Tidak kata lain selain itu. Wew… kalo itu aku juga ga setuju, ko serem amat ya…Jihad adalah kewajiban bagi setiap muslim, masa setiap orang muslim harus perang. Yah… kalo konteksnya perang memerangi hawa nafsu, atau musuh yang jelas nyata memerangi kita, ya boleh lah…

Pas nonton Diantara Hitam dan Putih di Metro TV ada berbagai pendapat tentang jihad, dan aku lebih setuju pendapat Quraish Sihab, Hidayat Nurwahid, dan salah satu cendekiawan muda muslim yang aku lupa namanya. Jihad sesuai dengan konteks dan kondisinya.

Nah,, jihad dalam arti kata berarti sungguh-sungguh (kata ibu Sri) jadi setiap apa yang kita lakukan harus dengan sungguh-sungguh. Makanya aku bilang ujian juga jihad. Karena untuk menghadapai ujian harus dihadapi dengan belajar sungguh-sungguh.

Jadi inget perjuanganku saat ujian, pas SD dan SMP setiap ujian pasti aku drop.. entah itu flu, panas, batuk, etc. udah langganan, benar-benar diforsir. Yah hasilnya Alhamdulillah selalu memuaskan. SMA udah bisa mengontrol, kalo ujian harus bangun malem dan ibu selalu menemani. Jadi yang berjuang bukan cuma aku. Nah di kampus aku sendiri,,hiks.. Gad eng banyak teman ko,,, Cuma kurang bisa mengontrol. Badan diforsir, bangun malem terus, tidur Cuma 4-5 jam, makan ga inget, ga ada suplay vitamin, nah parah. Pas tingkat 2 (semester 4) benar2 menyedihkan, UTS&UAS aku sakit ga tanggung-tanggung sakit tipes. Benar-benar perjuangan disaat ujian aku sakit sampai diinfus. Dan alhasil, nilaiku anjlok. Benar-benar jihad…

Ujian adalah jihad, sebagai kesungguhan kita beribadah yaitu menuntut ilmu karena Allah, sebagai kesungguhan kita mengemban amanah orang tua kita yang telah membiayai kuliah kita, dan itu tidak mahal, di bayar dari setiap tetes keringat mereka yang mengalir (ah…lebay). Yups..makanya jangan males belajar buat ujian, apapun nanti hasilnya yang penting kita dah berusaha, kita udah berjihad. Allahu AKBAR

5 komentar:

Anonim mengatakan...

beuh go jihad..... tapi jihad gak hanya pas ujian. tapi pas kuliah juga.....

Anonim mengatakan...

tapi jangan lupa arti jihad yang sebenarnya...

Rani,,ganti link blog gw ke wordpress aja...

Komen juga dong ke blog gw Rani...awas kalo ga!!! ;p

depalpiss mengatakan...

met Ujian! Jihad terbesar abad ini(he he he) salam kenal

aan mengatakan...

rina.. numpang ngasih link

http://trisr06.student.ipb.ac.id

sandy mengatakan...

gw jg rin,,makasih...

http://sandyc06.student.ipb.ac.id